Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

Jumat, 19 Maret 2010

TIPS MEMILIH MADU YANG BAIK


Seperti yang sudah di dengung-dengungkan tentang manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan, dimana madu untuk kesehatan dalam konsentrasi 30% hingga 50% fungsinya jauh lebih baik dari obat antibiotik. serta Untuk kecantikan memperbaiki keindahan kulit, melembutkan dan membuat awet muda. Madu melembutkan bibir, melembapkan dan mencegah bibir mengering atau pecah-pecah. dan sebagainya....(bisa dilihat pada postingan manfaat madu)

Namun dengan khasiat yang begitu besar tadi penting bagi kita untuk dapat mengetahui bagaimana memilih madu yang baik agar manfaat tadi dapat kita miliki.

Berikut Tips memilih madu yang baik:

1. Tuangkan 1 sendok makan madu ke dalam piring, lalu tambahkan air.
Ini merupakan cara paling mudah untuk menguji keaslian madu. Madu yang bermutu jelek akan segera bercampur dengan air, sedangkan madu yang baik akan bergeming. Ia hanya bakal membentuk tekstur atau corak seperti rumah lebah.

2. Tanpa buih
Bukalah tutup botol, dan periksa apakah madu mengandung banyak buih. Madu yang berkualitas baik tidak mengandung buih. Timbulnya buih menandakan telah terjadi fermentasi akibat kandungan air yang tinggi.

3. Rasanya tidak asam
Madu yang memiliki rasa asam bertanda telah mengalami fermentasi. Bisa karena kandungan airnya kelewat banyak. Selain itu, kemungkinan madu tidak ditutup rapat saat penyimpanan sehingga menyerap air dari sekelilingnya. Karena itu, madu harus ditutup secara rapat.

4. Kandungan sukrosa rendah
Madu yang berkualitas tinggi berdasarkan standar Standar Nasional Indonesia (SNI) tidak boleh lebih dari 10 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar